Thursday, February 22, 2024
Berita Viral
HomeBusinessBank Sentral UEA & Bank Indonesia Kolaborasi Dalam Strategi Baru

Bank Sentral UEA & Bank Indonesia Kolaborasi Dalam Strategi Baru

Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentra Uni Emirat Arab, Central Bank of the United Arab Emirates (CBUAE) menyetujui untuk meluaskan bekerja sama di antara ke-2 bank sentra. Peluasan bekerja sama itu dituang dalam Nota Kesepakatan yang diberi tanda tangan oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dan Gubernur CBUAE, Khaled Mohamed Balama pada Rabu (29/11/2023).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyebutkan persetujuan ke-2 bank sentra ini jadi sisi penting pada tatap muka di antara Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan pada 1 Desember 2023 di antara ajang COP 28 di Dubai, UEA.

“Nota kesepakatan ini adalah peluasan dari persetujuan di antara BI dan CBUAE tahun 2021 yang fokus pada bekerja sama di bagian mekanisme pembayaran dan pengembangan keuangan digital,” katanya dalam info resminya, Sabtu (2/12/2023).

Baca Juga : betviva

Lewat Nota Kesepakatan tahun 2023 ini, ke-2 bank sentra memiliki komitmen untuk perkuat bekerja sama lewat rangka lebih terancang dan struktural pada beragam tempat kebanksentralan seperti moneter, makroprudensial, kestabilan keuangan, mekanisme pembayaran dan pengembangan keuangan digital; dan beragam tempat ekonomi dan keuangan Islam.

Nota Kesepakatan ini memperlihatkan loyalitas ke-2 bank sentra saat melawan perlakuan pencucian uang dan permodalan terorisme, dan penuhi referensi Financial Action Task Force (FATF). Implikasi bekerja sama akan dilakukan lewat diskusi peraturan, transisi informasi, bekerja sama tehnis, dan peningkatan kemampuan.

Gubernur Perry Warjiyo mengutamakan jika Nota Kesepakatan dengan CBUAE jadi tiang penting saat memperkuat jalinan BI dan CBUAE dan Indonesia dan Uni Emirat Arab. Peluasan bekerja sama memperjelas kerja sama ke-2 bank sentra yang makin kompak.

Nota Kesepakatan ini menunjukkan kontributor ke-2 bank sentra saat melawan aktivitas pencucian uang dan permodalan terorisme, dan penuhi referensi FATF. Gubernur Perry mengatakan jika jalinan baik ke-2 bank sentra akan memberi faedah yang krusial untuk ekonomi ke-2 negara.

Artikel lainnya : Teknologi Terkini yang Membuat Terobosan di Tahun 2023: Masa Depan yang Lebih Canggih

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments